Jangan Pernah Berhenti Belajar dengan Menulis, Termasuk Belajar Programming.

Share:



JIka kita ingin menerima sebuah informasi dari luar maka otak kita harus 'dikosongkan' agar informasi yang berasal dari luar mampu diterima, tapi adakalanya seseorang mampu menyimpan berbagai informasi namun tetap saja ada batasnya. Perumpaman " sebuah gelas yang berisi air yang penuh maka tidak akan mampu menampung maka harus dikosongkan terlebih dahulu"

Seperti kita mengerjakan berbagai pekerjaan dalam waktu yang bersamaan. Namun lebih tepatnya bekerja secara paralel tatkala otak kita mengerjakan pekerjaan pertama maka otak akan fokus setelah selesai. maka otak berusaha mengkosongkan informasi yang telah masuk dan mulai mengerjakan pekerjaan berikutnya. Jarang orang tetap fokus pada pekerjaan sebelumnya setelah ia mendapatkan pekerjaan selanjutnya.


Belajar adalah sebuah proses mengetahui, memahami dan mengimplementasinya yang secara disadari maupun tidak disadari akan menjadi bagian diri kita. Namun otak kita bekerja hanya tatkala membaca, melihat dan mendengarkan dan hal tersebut akan tersimpan dalam memori otak untuk beberapa saat. maka alangkah baik nya semua informasi yang penting dapat dilakukan dengan MENULIS (catat buku sampai habis).

Sumber Informasi

Tentu untuk mendapatkan informasi setiap orang berbeda-beda. ada orang yang menerima informasi melalui gambar, tulisan, suara, penciuman ataupun kombinasi dari semua. Buat penulis sendiri belajar lewat video lebih nyaman karena lebih cepat tertidur, lumayan jika Insomnia; tak perlu obat tidur.

pada saat mendapatkan informasi, terkadang sulit untuk merekam semua informasi yang masuk. ada beberapa orang yang berusaha untuk menghubungkan yang sudah pernah diketahui. seperti buku, artikel atau sosial-media.


Catatan

Dengan Memahami, maka informasi yang diterima akan lebih tertata dan saling terhubung. salah satunya dengan menulis ke dalam sebuah catatan secara manual. pada saat menulis maka kita secara langsung berusaha memahami informasi yang dimaksud (salah / benar), Kemudian coba dituangkan dalam buku melalui tulisan. sehingga untuk anak-anak TK dan SD menulis sangat penting karena untuk melatih otak untuk menyerap dan memahami apa yang ditulis olehnya. (tapi kadang guru lebih fokus terhadap hapalan).

Pada zaman tehnologi, kebiasaan menulis pada buku mulai perlahan-lahan ditinggalkan dan beralih ke perangkat electronic dengan cara mengetik. beberapa orang sangat terbantu tapi ada juga yang fokus kepada papan ketiknya. sehingga disini perlu adaptasi sambil berpikir dan konsentrasi terhadapa papan ketik, dan kemampuan ini harus terus di asah.



Mengalami

Banyak instrument(kejadian) yang kita miliki untuk bertahan hidup sebagai manusia. merekam semua mampu secara mulit-sensor atau lebih sederhananya mengalami sendiri. Dalam tahap ini setelah mendapatkan semua informasi akan dipahami kemudian dirangkum untuk diimplementasikan.

sehingga tatkala hendak belajar dengan cara efektif seperti menulis. misalnya kita hendak belajar bahasa pemrograman baru. maka kita akan membaca, membuat catatan, mencoba dan mencoba menuliskan apa yang telah kita pelajari. Mulai bagaimana setup, aturan penulisan, sintak yang dipakai, running dan yang lain. bayangkan jika kita tidak ada catatan begitu banyak yang harus disimpan dalam otak.


Motivasi

Terkadang untuk memulai belajar sesuatu yang baru perlu motivasi yang kuat. Banyak diantara kita belajar sesuatu karena ada kebutuhannya, maklum kepepet-software™.

Bisa jadi sebatas hanya ingin maka untuk belajar akhirnya tar-sok(baca nanti-nanti besok saja)  sampai akhirnya hilang dan lupa. :D

terutama sesuatu yang kedepannya tidak akan dan dirasa prospek nya akan hilang. contoh belajar Informix-4GL dipikiran kita apa ada gunanya sepertinya tidak akan menawarkan pekerjaan pastinya bukan di indonesia dan masih banyak segudang alasan. yaa belum saja mulai sudah down duluan.

Alangkah baik nya untuk memulai kita ukur seberapa keinginan untuk belajar.



Menulis Apa

Dalam dunia komputer sangat banyak bahan jika hendak memulai untuk menulis sebagai bahan topik tulisan. Mulai lingkup komputer sampai interaksi dengan luar seperti bisnis, teknis menjual, sosial, keamanan dan lain-lain

Untuk software saja sudah banyak sekali, dari bahasa (RustGoSwift atau yang terkenal JavaDotnet dan lainya), hardware, network, sosial media analisa, data statistik dan human interaction. sangat  banyak  jika hendak menulis.

bisa saja tulisan dipecah-pecah untuk tulisan mendatang, Belajar dari seorang anak pelosok jika bahan renungan dalam memaknai alur sebuah rezeki. terkadang memilih topik yang sesuai dan tepat sangat diperlukan dalam bahan untuk menulis. atau menyadur tulisan dari bahasa lain ke dalam bahasa indonesia juga dapat dilakukan, setidak nya untuk melatih diri untuk menulis untuk diri sendnri serta ikut membantu menyebarkan.


Topik Sama

Kemungkinan dalam menulis di komunitas blogger akan memiliki topik yang hampir sama. Hal ini tidak lah mengapa, karena setiap orang memiliki cara sendiri untuk menyampaikan dengan gaya sendiri. siapa tahu tulisan anda lebih mudah dicerna dan dipahami oleh pembaca blogger  karena setiap orang memiliki latar belakang pengetahuan yang berbeda.

Jika ada topik informasi yang sama maka akan banyak referensi bagi blogger untuk bahan siapa tahu ada yang kurang dan terlewatkan oleh blogger sebelumnya.

barangkali kita bisa flashback cerita " mengenai tiga orang buta yang mencoba menggambarkan se ekor gajah.". Karena  perkembangan teknologi utamanya mengenai dunia komputer (software, hardware) terus berubah dan berkembang setiap menit. Tidak seperti teknik bangunan yang sudah baku.


Bukan Master

Master pada awalnya juga bukan master karena semua dimulai dari titik nol tidak ada yang tiba-tiba menjadi master.. Jika kita merasa tulisan kita kurang asik untuk dibaca maka disinilah kita dituntut untuk terus berusaha belajar dan memotivasi diri untuk berbuat lebh dari pada orang lain.  Lagi pula ini semacam latihan untuk menjadi lebih baik dan lebih berpengetahuan; dalam kontek ini bagaimana menyampaikan informasi tersebut ke orang lain. Bukankah kita sekarang sedang belajar?

Penutup

Menulis itu akan sangat menguras tenaga, pikiran dan waktu. kita kan berjuang untuk itu untuk kita sendiri. Bisa jadi ini merupakan kelanjutan Learn-by-doing (belajar dan mempraktekan). Dengan membuat berbagai tulisan merupakan sebuah umpan-umpan untuk diri sendiri untuk lebih baik  dan menjadi bagian dari berproses.

Tertarik menulis? Jangan ragu dan mulai lah, ditunggu tulisan-tulisan para #Jedi.





No comments

Featured Post

Daftar gambar